Senin, 01 Oktober 2012

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN "BAB I"


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempercepat modernisasi di segala bidang, berbagai perkembangan itu semakin kuat sejalan dengan tuntutan reformasi dan globalisasi. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu bersaing untuk menghadapi tantangan era globalisasi.
Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki suatu bangsa dan Negara. Salah satu upaya untuk membina dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memberikan pendidikan formal, pendidikan di dalam keluarga maupun pendidikan di dalam masyarakat. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Melalui dunia pendidikan seseorang akan mendapat berbagai pemahaman, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan. UU Sisdiknas NO. 20 Tahun 2003 dalam menyebutkan bahwa:
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan dan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Dunia pendidikan masa kini mengenal tiga kompetensi penting yang harus dimiliki oleh  seorang peserta didik setelah mengalami proses pendidikan, yaitu aspek kognitif (pengetahuan umum), psikomotrik (praktek) dan afektif (sikap diri). Aspek kognitif berkaitan dengan mental mahasiswa dalam memperoleh, mengolah, mengorganisasi dan menggunakan pengetahuan. Aspek inilah yang biasanya lebih diutaman dari pada aspek-aspek  yang lain. Namun ketiganya tidak dapat lepaskan dalam proses belajar, dalam kontek prestasi belajar  mahasiswa ketiga aspek inilah yang harus dijadikan sasran penelitian.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dalah faktor yang timbul dari dalam diri mahasiswa antara lain meliputi intelengensi, motivasi, minat bakat, kondisi fisik, sikap, kebiasaan, dll. Sedangakn faktor eksternal adlah faktor yang berasal dari luar dianatanya social ekonomi, lingkungan, dosen dan cara mengajar, interaksi edukatif, kurikulum sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Prestasi belajar dapat  juga dipengaruhi oleh berbagi faktor seperti halnya penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa.
Media pembelajaran merupakan sarana prasarana pengajaran yang menunjang kegatan dalam perkuliahan. Selain media pembelajaran variasi metode pengajaran yang digunakan oleh dosen juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan dilengkapai media pembelajaran dalam kegiatan perkuliahan maka mahasiswa akan lebih termotivasi untuk giat dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan dimungkinkan mahasiswa itupun akan giat dalam belajar. Selain itu ketrampilan dosen dalam memanfaatkan  media pembelajaran akan lebih meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Penggunaan media pembelajaran yang monoton akan mengakibatkan kebosanan kepada mahasiswa, dikarenakan dosen hanya menggunakan media yang sama tiap melakukan perkuliahan.sebaliknya, jika dosen menggunakan berbagai macam media pembelajaran maka mahasiswa akan lebih termotovasi dan aktif dalam belajar, sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
Disamping media pembelajaran yang mempengaruhi prestasi belajar adalah keaktifan belajar mahasiswa. Peserta didik yang terlibat aktif dalam  kegiatan belajar mengajar akan rajin dalam mengikuti perkuliahan, jika belum jelas maka mahasiswa akan bertanya kepada dosen atau temannya sedangkan mahsiswa yang kurang aktif cenderung diam jika ada materi yang belum jelas dan malu bertanya, sehingga mahasiswa menjadi tidak suka mengikuti perkuliahan tersebut. Hal ini akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
Keaktifan belajar peserta didik sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar karena apabila pesrta didik aktif maka kegiatan belajar mengajar akan menarik, di mana peserta didik akan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar karena dalam belajarnya merasa nyaman dan ada hal yang perlu dipersaingkan diantara mereka. Keaktifan belajar mahasiswa harus terus diupayakan agar kegiatan belajar mengajar lebih hidup dan menyenangkan, apabila kegiatan belajar mengajar pasif maka prestasi belajar mahasiswa tidak dapat maksimal, sebaliknya jika kegiatan belajar mengajar aktif maka susana pembelajaran akan menyenangkan sehingga mahasiswa dapat meningkatkan prestasi belajar secara optimal.
Mata kuliah Kewirausahaan adalah mata kuliah yang hampir semuanya merupakan teori dan hafalan maka diperlukan media pembelajaran yang tepat agar mampu menghidupkan suasana dan keaktifan belajar mahasiswa. Belajar merupakan suatu proses kegiatan yang kontinyu dilakukan guna mendapatkan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Kesungguhan belajar mahsiswa sangat diperlukan dalam usaha meraih prestasi belajar yang gemilang. Prestasi belajar bagi mahasiswa sangatlah penting karena merupakan cerminan usaha belajar. Semakin baik usaha belajarnya maka akan semakin baik prestasi yang diperolehnya. Prestasi belajar dapat dijadikan pengukur keberhasilan program dalam pencapain tujuan yang ditetapkan.
Dari latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mngadakan penelitian mengenai “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UMS ANGKATAN 2009/2010”.
B.     Identifikasi Masalah
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahsiswa, diantaranya kurang penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa dalm mengikuti perkuliahan. Kurangnya ragam media yang digunakan dan kurangnya keaktifan dari mahasiswa sehingga mereka krang memahami materi yang telah disampaikan oleh dosen. Masalah-masalah inilah yang berkaitan dengan prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan latar belakang dan identikasi masalah diatas, maka pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa sangat menarik untuk diteliti.

C.    Pembatasan Masalah
Sehubungan dengan luasnya permasalahan yang timbul dari topik kajian maka pembatasan masalah perlu dilakukan guna memperoleh kedalaman kajian untuk menghindari perluasan masalah.
Adapun pembatasan masalah dalam hal ini adalah:
1.      Prestasi belajar mahasiswa  pada mata kuliah Kewirausahaan yang dibatasi oleh nilai MID semester, pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
2.      Media pembelajaran dalam penelitian ini dibatasi pada persepsi mahasiswa terhadap segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan materi kuliah sehingga mahasiswa dapat menyerap apa yang telah disampaikn dosen pada mata kuliah Kewirausahaan mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
3.      Keaktifan belajar dibatasi oleh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dikelas.

D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.    Apakah ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010?
2.    Apakah ada pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010?
3.    Apakah ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi  UMS angkatan 2009/2010?

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
2.    Untuk mengetahui pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
3.    Untuk mengetahui pengeruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010.

F.     Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Manfaat Teoritis
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kepada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi mengenai penggunaan media pembelajaran serta keaktifan belajar dan implementasinya terhadap prestasi belajar.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Mahasiswa
Sebagai masukan bagi mahasiswa FKIP akuntansi  mengenai pentingnya mengoptimalkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran dan keaktifan belajar guna mencapai prestasi belajar yang optimal.
b.      Bagi Dosen
Sebagai maasukan bagi para dosen agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran sehubungan dengan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
c.       Bagi Penulis
Sebagai masukan bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis sebagai calon pendidik dan sebagai bahan acuan dan pertimbangan penelitian yang terutama di bidang pendidikan.
G.    Sistematika Skripsi
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai skripsi yang akan di susun, maka dapat dikemukakan sistematika sebagai berikut:

BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian dan  manfaat penelitian.
            BAB II  : TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini dijelaskan tentang definisi prestasi belajar, definisi media pembelajaran, definisi keaktifan belajar, hubungan penggunaan media pembelajran dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar, hasil penelitian terdahulu, kerangka penelitian, hipĆ³tesis.
BAB III          : METODE PENELITIAN
Bab ini berisi tentang metode penelitian dan jenis, objek penelitian, variabel penelitian, sumber data, tehnik pengumpulan data, uji instrumen, uji prasyarat analisis,tehnik penyajian data serta tehnik analisis data.
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini berisi tentang penyajian data, gambaran umum obyek penelitian, analisis data dan pembahasan hasil penelitian
BAB V  : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini berisi tentang uraian kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar