BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempercepat
modernisasi di segala bidang, berbagai perkembangan itu semakin kuat sejalan
dengan tuntutan reformasi dan globalisasi. Untuk itu diperlukan sumber daya
manusia yang memiliki kompetensi menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta
mampu bersaing untuk menghadapi tantangan era globalisasi.
Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu
mengembangkan potensi yang dimiliki suatu bangsa dan Negara. Salah satu upaya
untuk membina dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan
memberikan pendidikan formal, pendidikan di dalam keluarga maupun pendidikan di
dalam masyarakat. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
sekaligus untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Melalui dunia
pendidikan seseorang akan mendapat berbagai pemahaman, pengetahuan, pengalaman
dan ketrampilan. UU Sisdiknas NO. 20 Tahun 2003 dalam menyebutkan bahwa:
Pendidikan merupakan usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia
serta ketrampilan dan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Dunia pendidikan masa kini mengenal tiga kompetensi
penting yang harus dimiliki oleh seorang
peserta didik setelah mengalami proses pendidikan, yaitu aspek kognitif
(pengetahuan umum), psikomotrik (praktek) dan afektif (sikap diri). Aspek
kognitif berkaitan dengan mental mahasiswa dalam memperoleh, mengolah,
mengorganisasi dan menggunakan pengetahuan. Aspek inilah yang biasanya lebih
diutaman dari pada aspek-aspek yang
lain. Namun ketiganya tidak dapat lepaskan dalam proses belajar, dalam kontek
prestasi belajar mahasiswa ketiga aspek
inilah yang harus dijadikan sasran penelitian.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu
faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dalah faktor yang timbul
dari dalam diri mahasiswa antara lain meliputi intelengensi, motivasi, minat
bakat, kondisi fisik, sikap, kebiasaan, dll. Sedangakn faktor eksternal adlah
faktor yang berasal dari luar dianatanya social ekonomi, lingkungan, dosen dan
cara mengajar, interaksi edukatif, kurikulum sarana dan prasarana dan lain
sebagainya. Prestasi belajar dapat juga
dipengaruhi oleh berbagi faktor seperti halnya penggunaan media pembelajaran
dan keaktifan belajar mahasiswa.
Media pembelajaran merupakan sarana prasarana
pengajaran yang menunjang kegatan dalam perkuliahan. Selain media pembelajaran
variasi metode pengajaran yang digunakan oleh dosen juga berpengaruh positif
terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan dilengkapai media pembelajaran
dalam kegiatan perkuliahan maka mahasiswa akan lebih termotivasi untuk giat
dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan dimungkinkan mahasiswa itupun akan
giat dalam belajar. Selain itu ketrampilan dosen dalam memanfaatkan media pembelajaran akan lebih meningkatkan
keaktifan belajar mahasiswa. Penggunaan media pembelajaran yang monoton akan
mengakibatkan kebosanan kepada mahasiswa, dikarenakan dosen hanya menggunakan
media yang sama tiap melakukan perkuliahan.sebaliknya, jika dosen menggunakan
berbagai macam media pembelajaran maka mahasiswa akan lebih termotovasi dan
aktif dalam belajar, sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
Disamping media pembelajaran yang mempengaruhi
prestasi belajar adalah keaktifan belajar mahasiswa. Peserta didik yang
terlibat aktif dalam kegiatan belajar
mengajar akan rajin dalam mengikuti perkuliahan, jika belum jelas maka
mahasiswa akan bertanya kepada dosen atau temannya sedangkan mahsiswa yang
kurang aktif cenderung diam jika ada materi yang belum jelas dan malu bertanya,
sehingga mahasiswa menjadi tidak suka mengikuti perkuliahan tersebut. Hal ini
akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
Keaktifan belajar peserta didik sangat diperlukan
dalam kegiatan belajar mengajar karena apabila pesrta didik aktif maka kegiatan
belajar mengajar akan menarik, di mana peserta didik akan termotivasi dalam
kegiatan belajar mengajar karena dalam belajarnya merasa nyaman dan ada hal
yang perlu dipersaingkan diantara mereka. Keaktifan belajar mahasiswa harus
terus diupayakan agar kegiatan belajar mengajar lebih hidup dan menyenangkan,
apabila kegiatan belajar mengajar pasif maka prestasi belajar mahasiswa tidak
dapat maksimal, sebaliknya jika kegiatan belajar mengajar aktif maka susana
pembelajaran akan menyenangkan sehingga mahasiswa dapat meningkatkan prestasi
belajar secara optimal.
Mata kuliah Kewirausahaan adalah mata kuliah yang
hampir semuanya merupakan teori dan hafalan maka diperlukan media pembelajaran
yang tepat agar mampu menghidupkan suasana dan keaktifan belajar mahasiswa.
Belajar merupakan suatu proses kegiatan yang kontinyu dilakukan guna
mendapatkan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Kesungguhan belajar mahsiswa
sangat diperlukan dalam usaha meraih prestasi belajar yang gemilang. Prestasi
belajar bagi mahasiswa sangatlah penting karena merupakan cerminan usaha
belajar. Semakin baik usaha belajarnya maka akan semakin baik prestasi yang
diperolehnya. Prestasi belajar dapat dijadikan pengukur keberhasilan program
dalam pencapain tujuan yang ditetapkan.
Dari latar belakang diatas, penulis tertarik untuk
mngadakan penelitian mengenai “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA
KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UMS ANGKATAN 2009/2010”.
B.
Identifikasi
Masalah
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
mahsiswa, diantaranya kurang penggunaan media pembelajaran dan keaktifan
belajar mahasiswa dalm mengikuti perkuliahan. Kurangnya ragam media yang
digunakan dan kurangnya keaktifan dari mahasiswa sehingga mereka krang memahami
materi yang telah disampaikan oleh dosen. Masalah-masalah inilah yang berkaitan
dengan prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan latar belakang dan identikasi masalah
diatas, maka pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar
mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa sangat menarik untuk diteliti.
C.
Pembatasan
Masalah
Sehubungan dengan luasnya permasalahan yang timbul
dari topik kajian maka pembatasan masalah perlu dilakukan guna memperoleh
kedalaman kajian untuk menghindari perluasan masalah.
Adapun pembatasan masalah dalam hal ini adalah:
1. Prestasi
belajar mahasiswa pada mata kuliah
Kewirausahaan yang dibatasi oleh nilai MID semester, pada mahasiswa pendidikan
akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
2. Media
pembelajaran dalam penelitian ini dibatasi pada persepsi mahasiswa terhadap
segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan materi kuliah sehingga
mahasiswa dapat menyerap apa yang telah disampaikn dosen pada mata kuliah
Kewirausahaan mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
3. Keaktifan
belajar dibatasi oleh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar
mengajar dikelas.
D.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah yang
telah dikemukakan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai
berikut:
1. Apakah
ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar
mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010?
2. Apakah
ada pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa
program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010?
3. Apakah
ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar
terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010?
E.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahui pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi
belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
2. Untuk
mengetahui pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
3. Untuk
mengetahui pengeruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar
terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan
2009/2010.
F.
Manfaat
Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Manfaat
Teoritis
Hasil
dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kepada mahasiswa
program studi pendidikan akuntansi mengenai penggunaan media pembelajaran serta
keaktifan belajar dan implementasinya terhadap prestasi belajar.
2. Manfaat
Praktis
a. Bagi
Mahasiswa
Sebagai masukan bagi
mahasiswa FKIP akuntansi mengenai
pentingnya mengoptimalkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran dan
keaktifan belajar guna mencapai prestasi belajar yang optimal.
b. Bagi
Dosen
Sebagai maasukan bagi
para dosen agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran sehubungan dengan
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.
c. Bagi
Penulis
Sebagai masukan bagi
penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis sebagai calon pendidik
dan sebagai bahan acuan dan pertimbangan penelitian yang terutama di bidang
pendidikan.
G.
Sistematika
Skripsi
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai
skripsi yang akan di susun, maka dapat dikemukakan sistematika sebagai berikut:
BAB
I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar
belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah,
tujuan penelitian dan manfaat penelitian.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini
dijelaskan tentang definisi prestasi belajar, definisi media pembelajaran,
definisi keaktifan belajar, hubungan penggunaan media pembelajran dan keaktifan belajar dengan
prestasi belajar, hasil penelitian terdahulu, kerangka penelitian, hipótesis.
BAB III :
METODE PENELITIAN
Bab ini berisi tentang
metode penelitian dan jenis, objek penelitian, variabel penelitian, sumber
data, tehnik pengumpulan data, uji instrumen, uji prasyarat analisis,tehnik
penyajian data serta tehnik analisis data.
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
Dalam
bab ini berisi tentang penyajian data, gambaran umum obyek penelitian, analisis
data dan pembahasan hasil penelitian
BAB V :
KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini berisi
tentang uraian kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar