RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama SMP : SMP Muhammadiyah 8 Surakarta
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VII B / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
1.2. Mendiskripsikan
kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 X 30
menit ( 1 x pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
2.
Menjelaskan kurun waktu masa Pra Aksara
3.
Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia
4.
Mengidentifikasi
jenis-jenis manusia purba yang hidup pada masa Pra Aksara
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI
PEMBELAJARAN :
1. Pengertian masa Pra Aksara
2. Kurun waktu masa Pra Aksara
3. Jenis-jenis manusia purba di indonesia
yang hidup pada masa Pra Aksara
C.
METODE PEMBELAJARAN :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan
I :
a. Pendahuluan
- Apersepsi
: Memberi pertanyaan tentang
asal usul manusia
- Motivasi : Dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang
hidup pada masa Pra Aksara
b. Kegiatan Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
v
Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
v
Menjelaskan kurun waktu masa Pra Aksara
v
Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di
Indonesia
v
Mengidentifikasi Jenis-jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa Pra Aksara
v
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
v
Menggunakan beragam pendekatan pembelajran,
media pembelajaran dan sumber belajar lain
v
Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta
didik dan antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainya
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Ø
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
Ø
Mengarahkan
siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dalam kelompok
minimal 5 orang untuk mendiskusikan tentang :
ü Pengertian Pra Aksara
ü Pembagian kurun waktu masa Pra Aksara
ü Jenis manusia purba di indonesia
Ø
Setiap kelompok membuat hasil laporan dari
diskusi kelompok
Ø
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di
depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
Ø
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
Ø
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
v
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
v
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
v
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
v
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Buku sejarah IPS
2. LKS/modul
3. Gambar fosil
F.
PENILAIAN :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Menjelaskan pengertian dan kurun waktu
masa pra aksara
· Mendeskripsikan jenis-jenis manusia
Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Jelaskan pengertian masa Pra Aksara.
Sebutkan jenis-jenis manusia purba
yang ditemukan di Indonesia.
|
Soal
1. Jelaskan pengertian masa Pra Aksara?
2. Zaman Pra Aksar di Indonesia berlangsung
sampai kapan?sebebutkan buktinya?
3. Sebutkan jenis manusia Prasejarah di
Indonesia?
4. Sebutkan ciri-ciri dari Meganthropus
Paleojavanicus?
5. Sebutkan peneliti manusia purba di
Indonesia, minimal 3 orang?
JAWABAN
1. Masa Pra Aksara atau disebut juga masa
prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
2. Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung
sampai pada abad ke 3, buktinya yaitu diketahui dari batu tulis yang terdapat
di muara kaman, kalimantan timur, sekitar tahun 400 masehi.
3. Manusia prasejarah di indonesia
diantaranya: meganthropus paleojavanicus, pithecantropus, dan homo
4. Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus:
v Memiliki tulang pipi tebal
v Memiliki tulang kunyah yang uat
v Memiliki tulang kening yang menyolok
v Memiliki tulang belakkang yang tajam
v Tidak memiliki dagu
v Memiliki perwakan tegap
v Memakan berbagai jenis tumbuhan
v Mempunyai tempat pelekatan otot tengkuk
yang besar dan kuat
5. Peneliti manusia purba di indonesia:
Ø Eugene dubbois
Ø Ter Hear, Oppenoorth dan Gustaf Heinrich
Ralp von Koenigswlald
Ø Cokrohandoyo dan Duifjes
Ø Prof. Dr. Teuku Jacob
Mengetahui,
Guru Pamong
(
Drs. Astuti Ratna Sari )
NIP. 19630210 200701 2 002
|
|
Surakarta,15 Agustus 2011
Praktikan
(
Didik Ari Wibowo )
NIM. A 210 080 118
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar