Senin, 01 Oktober 2012

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama SMP                     :     SMP Muhammadiyah 8 Surakarta        
Mata Pelajaran               :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             :     VII B / 1
Standar Kompetensi      :     1.       Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar          :     1.2.    Mendiskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia
Alokasi Waktu               :     1 X 30 menit ( 1 x pertemuan )


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*            :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
2.      Menjelaskan kurun waktu masa Pra Aksara
3.      Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia
4.      Mengidentifikasi  jenis-jenis manusia purba yang hidup pada masa Pra Aksara

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.    MATERI  PEMBELAJARAN :
1.     Pengertian masa Pra Aksara
2.     Kurun waktu masa Pra Aksara
3.     Jenis-jenis manusia purba di indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara

C.     METODE PEMBELAJARAN            :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
      Pertemuan I :
a.    Pendahuluan
            -     Apersepsi              : Memberi pertanyaan tentang asal usul manusia
            -     Motivasi                : Dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa Pra Aksara
      b.   Kegiatan Inti  :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v  Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
v  Menjelaskan kurun waktu masa Pra Aksara
v  Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia
v  Mengidentifikasi Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
v  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
v  Menggunakan beragam pendekatan pembelajran, media pembelajaran dan sumber belajar lain
v  Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik dan antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainya

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
Ø  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dalam kelompok minimal 5 orang untuk mendiskusikan tentang :
ü  Pengertian Pra Aksara
ü  Pembagian kurun waktu masa Pra Aksara
ü  Jenis manusia purba di indonesia
Ø  Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok
Ø  Setiap  kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
Ø  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
v  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
v  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
v  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
v  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.     Buku sejarah IPS
2.     LKS/modul
3.     Gambar fosil

F.     PENILAIAN  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara

·   Mendeskripsikan jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
Tes Tertulis


Tes Tertulis
Tes Uraian



Tes Uraian
Jelaskan pengertian masa Pra Aksara.


Sebutkan jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia.
                                                                                               
Soal
1.      Jelaskan pengertian masa Pra Aksara?
2.      Zaman Pra Aksar di Indonesia berlangsung sampai kapan?sebebutkan buktinya?
3.      Sebutkan jenis manusia Prasejarah di Indonesia?
4.      Sebutkan ciri-ciri dari Meganthropus Paleojavanicus?
5.      Sebutkan peneliti manusia purba di Indonesia, minimal 3 orang?

JAWABAN
1.      Masa Pra Aksara atau disebut juga masa prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.
2.      Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sampai pada abad ke 3, buktinya yaitu diketahui dari batu tulis yang terdapat di muara kaman, kalimantan timur, sekitar tahun 400 masehi.
3.      Manusia prasejarah di indonesia diantaranya: meganthropus paleojavanicus, pithecantropus, dan homo
4.      Ciri-ciri meganthropus paleojavanicus:
v  Memiliki tulang pipi tebal
v  Memiliki tulang kunyah yang uat
v  Memiliki tulang kening yang menyolok
v  Memiliki tulang belakkang yang tajam
v  Tidak memiliki dagu
v  Memiliki perwakan tegap
v  Memakan berbagai jenis tumbuhan
v  Mempunyai tempat pelekatan otot tengkuk yang besar dan kuat
5.      Peneliti manusia purba di indonesia:
Ø  Eugene dubbois
Ø  Ter Hear, Oppenoorth dan Gustaf Heinrich Ralp von Koenigswlald
Ø  Cokrohandoyo dan Duifjes
Ø  Prof. Dr. Teuku Jacob

            Mengetahui,
          Guru Pamong



   ( Drs. Astuti Ratna Sari )
NIP. 19630210 200701 2 002

 Surakarta,15 Agustus 2011
          Praktikan



  ( Didik Ari Wibowo )
   NIM. A 210 080 118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar